5 Hal yang Bisa Kamu Nikmati saat di Desa Bahoi, Likupang

Likupang mulai berbenah. Sejak ditetapkan sebagai salah satu destinasi super prioritas di Indonesia, Likupang dilirik oleh wisatawan. Aneka tempat wisata mulai dari pantai hingga bukit tersaji di Likupang. Hal itu ditambah lagi dengan berbagai macam kuliner mulai dari rasa manis, pedas, hingga gurih.

Nah, salah satu daerah di Likupang yang mulai berbenah adalah Desa Bahoi. Desa ini terletak di Likupang Barat, Minahasa, Sulawesi Utara. Desa Bahoi disulap menjadi desa ekowisata. Hal yang ditonjolkan adalah hadirnya hutan bakau dan pemandangan bawah laut.

Untuk mencapai ke sana, kamu bisa menggunakan berbagai macam transportasi. Jika kamu berada di Manado, kamu hanya butuh waktu 90 menit untuk sampai di Desa Bahoi. Namun, jika kamu sudah berada di kota Likupang, hanya butuh waktu 30 menit tiba di Desa Bahoi.

Lalu, apa yang bisa kamu nikmati dari Desa Bahoi? Berikut ini jawabannya.

1. Diving dan Snorkeling

Satu hal yang menjadi keunggulan Desa Bahoi di Likupang Barat adalah pemandangan bawah lautnya. Wisatawan yang tiba di sana biasanya menyempatkan diri untuk diving maupun snorkeling. Kesempatan tersebut tidak akan disia-siakan terlebih ada sekitar dua hektar yang termasuk Daerah Perlindungan Laut (DPL).

Apabila ingin mendapatkan pemandangan bawah laut yang keren, kamu bisa menyewa pemandu di sana. Jangan lupakan siapkan fisik yang baik dan yang paling penting ikut menjaga terumbu karang dengan baik.

2. Hutan Bakau

Ini adalah kawasan dengan wisata hutan bakau yang cukup besar di Indonesia. Luasnya mencapai 28 hektar. Kamu bisa berjalan santai melalui jembatan gantung yang tersedia. Di saat berjalan, kamu bisa menikmati ragam tanaman bakau.

Ada yang tumbuh secara alami namun ada pula yang memang ditanam di sana. Jika kamu ingin berhenti sejenak di jembatan gantung, sempatkanlah untuk mengeluarkan alat pancing untuk mencari ikan.

Tentu saja, yang tidak bisa kamu lewatkan adalah berpose di jembatan gantung tersebut. Saat kamu berjalan, dan tiba di ujung, kamu akan mendapatkan hamparan pemandangan laut yang keren. Airnya jernih, pasirnya halus, dan deburan ombak yang tenang.

3. Rumah Terapung

Seperti kebanyakan wisata di daerah Sulawesi, ada pula rumah terapung di Desa Bahoi, Likupang Barat. Itu adalah salah satu tempat menarik karena jarang ditemukan di luar Sulawesi. Kamu bisa memanfaatkan momen tersebut dengan santap siang.

Tentu saja, santap siang yang ada di Sulawesi adalah ikan bakar! Sembari menikmati air laut yang sesekali menghampirimu, kamu bisa berswafoto. Jika tidak ingin melanjutkan perjalanan ke pantai, kamu bisa istirahat sejenak. Ada ruang tidur yang cukup nyaman untuk merebahkan tubuh, lho!

4. Budaya Sangihe

Ketika kamu sampai di ujung hutan bakau, kamu akan mendapati pemandangan dari Pantai Bahoi. Nah, di sanalah hidup kebudayaan Sangihe. Ada banyak pertunjukan yang bisa kamu nikmati. Misal, Masamper. Seperti acapella yaitu menyanyi berkelompok dan saling bersahutan.

Sekadar informasi, lirik dalam lagu yang dinyanyikan dalam tradisi Masamper adalah kisah masyarakat lokal secara turun-temurun. Yang tidak kalah heboh, kamu bisa melihat alunan keroncong lokal di Bahoi. Duh, suaranya aduhai dan mampu menenangkan hati.

5. Oleh-oleh Desa Bahoi

Tidak lengkap rasanya ketika kamu mengunjungi Desa Bahoi tanpa membeli oleh-oleh. Ada banyak oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang dari Desa Bahoi. Kalung, gelang, gantungan kunci, hingga alas piring yang terbuat dari anyaman. Tentu saja ini menjadi sesuatu yang berharga dan bisa kamu bagikan ke teman, kerabat, maupun keluarga.

Itulah lima hal unik di Desa Bahoi, Likupang yang layak kamu coba. Sebenarnya masih ada sesuatu lain di Likupang yang unik dan menarik belum dicantumkan di sini. Akan tetapi, setidaknya lima hal tersebut bisa menjadi pilihanmu untuk menjelajahi Likupang.

Selain kamu bisa mengetahui apa yang menarik di Desa Bahoi, kamu juga bisa mengabadikan momen pemandangan dan suasana laut dari penginapan melalui gawai atau kamera.

Telusuri di Indonesia Travel untuk mengetahui apa saja pesona alam maupun budaya di Indonesia lainnya. Kamu bisa melihat berbagai artikel menarik lain di situs resmi Indonesia Travel. Lakukan perencanaan liburanmu dan dapatkan pengalaman tak terlupakan ketika mengunjungi Likupang!