Ingin Mencoba Kuliner Khas Likupang? Ini 5 Rekomendasinya

Sebagai salah satu destinasi super prioritas di Indonesia, Likupang menawarkan beragam tempat wisata yang memanjakan mata. Mulai dari pantai, bukit, savana, hingga pemandangan bawah laut. Seperti Pantai Pulisan, Pantai Paal, dan Bukit Pulisan. Namun begitu, tidak sekadar tempat wisata yang memanjakan wisatawan. Melainkan juga kuliner yang mampu menggoyang lidah wisatawan.

Kuliner yang berada di Likupang terdiri dari berbagai macam. Mulai dari camilan hingga makanan berat. Ada yang memiliki rasa pedas, manis, dan gurih. Lalu, apa saja, sih rekomendasi kuliner di Likupang yang harus dicoba? Berikut daftarnya.

Rekomendasi Kuliner di Likupang 

1. Pisang Goroho dan Sambal Roa

Salah satu kuliner khas Likupang yang biasanya ingin dicoba oleh wisatawan adalah pisang goroho dan sambal roa. Ketika mengetahui kuliner tersebut banyak wisatawan terkejut. Bagaimana bisa rasa manis dari pisang dipadukan dengan rasa pedas dari sambal roa? Namun, itulah keunikan kuliner khas Likupang.

Pisang goroho terlebih dahulu diiris tipis kemudian digoreng. Namun, ada yang memberinya dengan tepung sebelum digoreng. Tujuannya agar lebih krispi. Saat matang, pisang goroho krispi siap disantap. Oleskan pisang tersebut ke sambal roa lalu masukkan ke mulut. Sensasi rasa yang luar biasa.

Agar perpaduan rasa kian pas, kamu bisa menikmatinya bersama kopi panas dan teh hangat. Pengalaman kuliner yang hanya bisa kamu dapatkan di Likupang.

2. Bubur Tinutuan

Jika kamu ingin menikmati sarapan yang hangat dan mengenyangkan, cobalah menyantap bubur tinutuan. Itu adalah kuliner pagi khas Sulawesi Utara seperti Manado juga Likupang. Sehingga, wajar jika orang-orang di sana lebih sering menyebut sebagai bubur Manado daripada bubur tinutuan.

Bubur ini berbeda dari kebanyakan. Jika biasanya berwarna putih, bubur tinutuan dominan berwarna kuning. Hal ini disebabkan komposisi bubur yang didominasi labu kuning dan jagung. Selain itu, terdapat kemangi, kangkung, bayam, dan juga ubi. Agar rasa makin kuat, biasanya diberikan ikan cakalang atau daging sapi.

Rasa manis bercampur dengan gurih. Sarapan yang sempurna sebelum mengawali jelajah wisata alam di Likupang, bukan?

3. Lalampa

Di Sulawesi, selain bubur tinutuan, ada kuliner yang juga mengandalkan ikan cakalang sebagai bahan utama. Orang-orang di sana sering menyebutnya sebagai lalampa. Ini kuliner yang terdiri dari ketan kemudian diisi dengan ikan cakalang. Setelahnya, dibungkus dengan daun pisang. Kukus hingga matang, dan langkah terakhir adalah dibakar.

Namun, agar aromanya menguar dan menimbulkan rasa yang enak, terlebih dahulu lalampa dioles minyak sayur sebelum dibakar. Nah, nikmatilah lalampa selagi hangat. Sajikan bersama kopi atau teh. Mentari pagi terasa menyenangkan bila di samping kopi dan lalampa.

4. Panada

Kuliner yang satu ini lebih layak disebut sebagai camilan karena bentuknya kecil. Cocok juga disebut camilan penahan lapar. Jika di daerah Jawa camilan ini adalah pastel, sedangkan di Sulawesi disebut panada. Sesuai dengan khas Sulawesi, isi dari panada adalah ikan cakalang yang telah dipotong menjadi kecil.

Namun, terlebih dahulu ikan cakalang diberi bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kemangi, dan daun jeruk. Rasanya gurih dan pedas. Sajikan selagi hangat dan paling cocok disantap menjelang matahari terbenam.

5. Cakalang Fufu

Masih dari ikan cakalang, jika kamu ingin mencoba kuliner khas Likupang yang pedas, santaplah cakalang fufu. Ini salah satu kuliner andalan Likupang, Sulawesi Utara. Sangat tidak elok apabila kamu sudah menjelajahi kuliner rasa manis dan gurih, tapi tidak mencoba yang pedas.

Santaplah cakalang fufu bersama nasi hangat dan sambal dabu-dabu. Duh, ini rasanya pasti luar biasa. Apalagi disantap saat siang hari sembari menikmati deburan ombak di pantai. Duh, apalagi ditambah es teh atau es kelapa muda. Sungguh nikmat tiada tara, bukan?

Itulah lima kuliner di daerah Likupang yang layak kamu coba. Sebenarnya masih ada kuliner di Likupang yang unik dan menarik belum di

 

cantumkan di sini. Akan tetapi, setidaknya lima kuliner tersebut bisa menjadi pilihanmu untuk menjelajahi Likupang.

 

Selain kamu bisa mengetahui apa yang menarik di kuliner khas Likupang, kamu juga bisa mengabadikan momen pemandangan dan suasana laut dari penginapan melalui gawai atau kamera.

Telusuri di Indonesia Travel untuk mengetahui apa saja pesona alam maupun budaya di Indonesia lainnya. Kamu bisa melihat berbagai artikel menarik lain di situs resmi Indonesia Travel. Lakukan perencanaan liburanmu dan dapatkan pengalaman tak terlupakan ketika mengunjungi Likupang!